Wujudkan 3 Resolusi Keuangan di Tahun 2020

digitalukm.jpg

peraturan-perizinan-terhadap-ukm

Wujudkan 3 Resolusi Keuangan di Tahun 2020, Waktu cepat bergulir dan akhir tahun pun tiba. Sebelum menyongsong tahun yang baru, tak ada salahnya kamu memutar memori sejenak. Mengingat kembali banyak hal yang telah kamu lakukan, dicapai, dan belum terealisasi.

Eh, tapi ini bukan cuma mengingat kenangan mantan ya. Flashback lebih kepada kondisi keuanganmu sepanjang tahun 2019. Sederhana saja, tanyakan beberapa hal pada dirimu. Apakah keuanganmu sudah sehat? Apa kamu sudah punya tabungan dan investasi? Kalau kamu punya utang, apa masih dalam batas yang wajar, yakni 30% dari total penghasilan bulanan?

Jika hasil throwback mengecek kembali kondisi keuanganmu menunjukkan pada level kurang baik, tak perlu kecewa. Nasi sudah menjadi bubur, penyesalan pun tiada guna. Saatnya move on, memperbaiki keadaan finansialmu di tahun 2020.

Jangan cuma mau bilang berubah alias move on, tapi tidak melakukan aksi nyata. Urusan duit harus tetap semangat, agar kamu bisa meraih sukses dalam hal keuangan. Salah satu caranya membuat resolusi keuangan. Berikut tiga ide resolusi keuangan yang bisa kamu tiru:

resolusi tahun baru

1. Mulai Investasi

Kamu pasti sering mendengar kalimat motivasi ini, “investasi akan membuat aset bertumbuh tanpa khawatir tergerus inflasi.” Itu benar. Faktanya investasi di pasar modal, seperti saham dan reksa dana memiliki imbal hasil (return) yang jauh lebih menguntungkan ketimbang menyimpan uang di bank (menabung dan deposito).

Masukkan investasi di urutan pertama dalam daftar resolusi keuanganmu di tahun depan. Tak perlu menunda lagi berinvestasi agar cepat kaya. Kabar baiknya, beli saham atau reksa dana sekarang mudah. Modalnya pun terjangkau.

Kamu bisa mulai investasi dengan modal minimal Rp100.000 melalui PT Indo Premier Sekuritas (IndoPremier). Yakni portal investasi online aman, terpercaya, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Di IndoPremier, investasi reksa dana dan saham dapat dilakukan melalui platform IPOT.

Lalu bagaimana cara mulai investasi saham? Sebagai pemula atau calon investor, kamu tak perlu bingung harus mulai dari mana. Mulai aja dulu dengan membuat akun investasi secara online di IPOT. Untuk membuat akun investasi ini gratis, artinya kamu tak perlu setor uang karena tidak ada deposit minimum.

Nah, setelah akun aktif, kamu bisa mulai belanja saham-saham pilihan seperti saham kategori blue chip, syariah atau saham perusahaan yang baru saja IPO (Initial Public Offering). Menyoal transaksi, jual-beli saham di IPOT biayanya murah, jadi kamu tak perlu khawatir. Plus, biar kamu makin piawai mengelola portofolio investasi saham, kamu bisa rutin ikutan training edukasi gratis dari IndoPremier.

Makin asyik lagi, IPOT punya beragam fitur yang dapat membantu memaksimalkan nilai investasimu, seperti: Auto Trading Machine, Stock Screener, Investasi Berkala, Penempatan Dana dan Pembayaran Otomatis, hingga fitur E-IPO.

Selain investasi saham, kamu juga bisa memilih investasi reksa dana. Pahami bila reksa dana merupakan alternatif produk investasi pasar modal yang memiliki karakter risiko lebih rendah ketimbang saham dengan hasil return investasi yang lebih tinggi daripada deposito.

Lalu bagaimana cara investasi reksa dana? Kamu bisa mulai investasi reksa dana semudah belanja online di supermarket reksa dana online terbesar dan terlengkap, IPOT. Ada lebih dari 251 reksa dana dari 40 Manajer Investasi (MI) yang bisa kamu pilih, beli dan check out untuk masuk dalam koleksi portofolio keranjang investasimu.

Buat kamu sudah buat akun investasi di IPOT, kamu tak perlu lagi daftar baru. Kamu bisa langsung masuk/login ke platform IPOT dengan akun yang sama. Jadi, cukup daftar 1 kali, maka kamu bisa menggunakan layanan IPOT.

Bagi pemula, kamu tak perlu worry, sistem di IPOT membuat siapa saja bisa investasi karena ada banyak fitur yang bisa membuatmu menjadi lebih pintar dalam memilih dan mengambil keputusan dalam investasi. Berikut fitur-fitur unggulan di IPOT yang bisa kamu gunakan:  Evaluator, Analisis Performa, Same-day Switching Facility, Penempatan Dana Mengendap, dan Sub Account.

2. Miliki Penghasilan Tambahan

Resolusi keuangan kedua yang bisa bikin kamu banyak uang adalah dengan menambah pundi-pundi pemasukan. Saatnya think creative, kamu bisa mengubah hobimu menjadi uang. Alternatif penghasilan tambahan bisa diperoleh dari menjadi freelancer, youtuber, guru les, reseller, driver online atau mulai bisnis online kecil-kecilan.

Sekarang ini, ada banyak platform online yang dapat mewujudkan mimpi di atas. Menemukan pekerjaan sampingan yang sesuai dengan passion. Kamu bisa tetap happy ketika menjalaninya.

Ingat, jika sudah berhasil menambah penghasilan, hindari sifat konsumtif. Bijaklah mengelola uang demi masa depan keuangan yang lebih baik. Alokasikan uang tambahanmu untuk beli reksa dana dan saham di IPOT biar portofolio investasimu makin besar.

3. Mulai Batasi Pengeluaran Kecil

Coba cermati lagi sudah berapa banyak uang yang kamu habiskan untuk pengeluaran kecil yang sifatnya rutin, tapi sebenarnya tidak terlalu penting? Misalnya jajan kopi, beli air mineral, belanja cemilan, beli rokok setiap hari, biaya transportasi online, hingga biaya transfer antar bank.

Faktanya, terkadang pengeluaran skala kecil ini terlihat ‘remeh,’bahkan sering tidak kamu sadari. Namun, jika ditotal dalam sebulan, hasilnya bisa jadi lebih besar dari tagihan listrik bulananmu. Sebagai contoh, jajan kopi latte Rp25.000 per hari, dalam sebulan (30 hari) total uang ngopi mencapai Rp750.000.

Jadi, resolusi keuangan ketiga adalah coba batasi pengeluaran kecil yang tidak perlu. Misalnya, mulai membuat kopi sendiri, membawa botol minum, kurangi merokok, hingga pilih naik kendaraan umum. Nantinya, uang yang berhasil kamu ‘hemat’ ini bisa dialokasikan untuk investasi saham atau reksa dana.

Keuangan Lebih Baik dengan Investasi

Banyak orang menunda-nunda untuk investasi, padahal investasi menjadi kunci agar aset yang dimiliki bisa terus bertumbuh tanpa khawatir tergerus inflasi yang tinggi. Investasi saham dan reksa dana dalam jangka panjang, disertai dengan disiplin dan pengelolaan investasi yang tepat, akan membuatmu punya banyak uang di masa depan.

Jadi pastikan investasi menjadi resolusi keuanganmu di tahun baru nanti. Tak perlu banyak mikir, praktik saja langsung sebab investasi jadi mudah dan terjangkau melalui platform IPOT. Jangan lupa, terus perbanyak investasimu dan tingkatkan ilmu agar kamu makin ‘piawai’ dalam membuat keputusan dan strategi investasi yang tepat.

BISNISUKM.ID

Bisnis UKM portal berita informasi peluang usaha bisnis UKM, event UKM, agenda UKM, layanan jasa UKM dan pembiayaan UKM melalui media online untuk menjadikan usaha kecil menengah UKM naik kelas.

Menyikapi peluang usaha di tahun 2020, selayaknya di bantu dengan sistem marketing offline maupun online untuk menjalankan usahanya. jika Anda membutuhkan Jasa pembuatan website dan Kursus Pembuatan Website, SEO, desain web, optimasi website, sosial media marketing dll terbaik di kota solo silahkan kunjungi www.solodesain.co.id


Berita Bisnis UKM | Berita UKM | Bisnis Online | Event Bisnis UKM | Info Bisnis UKM | Liputan Bisnis | Pelatihan UKM | Pembiayaan UKM | Permodalan UKM | Strategi Bisnis UKM | Tips Bisnis UKM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top