skip to Main Content

10 Ide Usaha Setelah Pensiun dengan Omzet Menjanjikan

Oktober 15, 20226 minute read

Bisnis UKM – Merencanakan sebuah bisnis usaha setelah pensiun adalah suatu hal yang penting untuk Anda lakukan di kemudian hari. Terlebih lagi, pada realisasinya masa pensiun setelah bekerja tidaklah seenak seperti yang orang-orang katakan. Bahkan, jika Anda tidak mempunyai persiapan, masa tua Anda bisa jadi akan semakin terpuruk.

Ketika masa kerja Anda telah habis, tentunya kebutuhan sehari-hari harus tetap terpenuhi. Namun, di sisi lain umur pun sudah tidak muda lagi, kesempatan berkarir pun sudah sangat sempit, bahkan Anda juga terancam tidak mempunyai penghasilan. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan semuanya sejak dini.

10 Peluang Usaha Setelah Pensiun

Agar bisa tetap memenuhi kebutuhan tanpa merepotkan keluarga sang buah hati, berikut ini adalah 10 rekomendasi peluang usaha setelah pensiun yang bisa Anda coba:

1. Kontrakan dan Rumah Kos

Rumah kosan dan kontrakan merupakan salah satu peluang bisnis yang bisa Anda jalankan setelah Anda berhenti bekerja nanti. Namun, Anda perlu membuat rumah kos dan kontrakan di tempat yang strategis seperti di dekat kampus, pusat bisnis, atau di sekitar kawasan industri.

Selain itu, untuk dapat menjalankan bisnis kontrakan ini jelas membutuhkan modal yang jumlahnya tidak sedikit. Jadi, salah satu yang bisa menjadi sumber modal untuk dapat memulai usaha ini adalah dengan dana tabungan maupun dana pensiun dari pihak perusahaan.

Anda juga tidak perlu khawatir tentang peluang kegagalan dari bisnis kontrakan ini. Pada umumnya, jika Anda memiliki rumah kontrakan di lokasi yang strategis, maka uang pun akan mengalir dengan sendirinya setiap bulan.

2. Membuka Peternakan

Peluang bisnis dan usaha setelah pensiun ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan masa pensiun di area pedesaan. Hal ini karena peternakan adalah usaha yang relatif memerlukan lahan dan ruang dengan kapasitas yang besar dan luas. Selain itu, hal ini juga agar tidak mengganggu warga sekitar peternakan.

Beberapa jenis hewan ternak yang mungkin bisa Anda kelola dan budidayakan antara lain, ayam petelur, ayam pedaging, sapi perah, sapi pedaging, bebek, dan masih banyak lagi. Anda hanya perlu memilihnya sesuai kemampuan Anda dalam menernak hewan-hewan tersebut.

Namun, sebelum Anda memulai bisnis peternakan ini, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan pakar ternak serta mencari informasi sebanyak-banyaknya. Hal ini bertujuan agar Anda lebih menguasai ilmu ternak dan mengetahui risiko gagal ternak dari hewan yang akan Anda pilih.

3. Rumah Makan

Rumah makan adalah salah satu peluang usaha setelah pensiun dengan potensi omset mencapai puluhan juta rupiah per bulan. Anda bisa memulai usaha rumah makan dengan menyajikan berbagai aneka masakan khas daerah kota kelahiran Anda. Selain itu, Anda juga butuh manajemen yang bagus untuk memulai bisnis ini.

Sebelum Anda memulai usaha rumah makan, ada baiknya Anda melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk menentukan jenis makanan yang akan menjadi tema dari rumah makan tersebut. Namun, tentunya bisnis rumah makan ini membutuhkan modal besar dan tambahan karyawan agar bisnis Anda berjalan lebih optimal.

4. Rental Kendaraan

Contoh bisnis setelah Anda berhenti bekerja lainnya adalah bisnis rental mobil dan penyewaan sepeda motor maupun mobil. Anda bisa membuka usaha rental ini di sekitar lokasi wisata dan di tengah pusat keramaian kota. Mengapa demikian? Tempat wisata dan pusat kota adalah tempat paling strategis untuk usaha rental ini.

Namun, bisnis ini dapat berjalan jika Anda memiliki beberapa unit sepeda motor atau mobil yang nantinya akan menjadi kendaraan sewaan. Selain itu, jika Anda belum mempunyai kendaraan tersebut, mungkin Anda bisa membelinya dengan cara sistem kredit atau membeli kendaraan bekas dengan kualitas yang masih bagus.

Setelah mempunyai beberapa unit kendaraan, mulailah lakukan gencaran promosi. Seperti promosi di media sosial dan membuka gerai toko pinggir jalan agar para konsumen dapat menjangkau rental dengan akses yang mudah.

5. Bisnis Pakaian

Saat ini, bisnis pakaian memang mempunyai peluang omset yang cukup tinggi. Akan tetapi, jenis bisnis ini juga mempunyai tingkat persaingan yang cukup tinggi. Namun, jika Anda bisa membuat sesuatu yang berbeda dalam bisnis pakaian yang Anda kelola, tentu saja bisnis ini akan menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Terlebih lagi, bagi Anda yang saat ini berdomisili di Sumatera Utara, Anda bisa daftarkan bisnis UKM Anda di UKM Sumatera Utara. Hal ini bertujuan agar pihak pemerintah setempat bisa membantu Anda dalam mengelola bisnis pakaian tersebut serta meminjamkan modal usaha untuk sektor UKM provinsi Sumatera Utara.

6. Toko Kelontong

Peluang usaha setelah pensiun yang satu ini mungkin cocok jika Anda tinggal di wilayah sekitar pemukiman padat penduduk yang jauh dari pusat ekonomi kota. Toko kelontong merupakan contoh bisnis yang cukup menjanjikan dengan omset tinggi, karena target pasar jelas dan persaingan relatif lebih sedikit.

Selain itu, barang-barang yang Anda jual di toko kelontong ini biasanya barang kebutuhan pokok yang memang selalu menjadi primadona pasar. Contohnya seperti beras, gula, minyak, jajanan, dan berbagai jenis kebutuhan primer lainnya.

7. Pulsa dan Kuota

Usaha konter pulsa dan kuota internet menjadi bisnis yang menjanjikan karena hanya membutuhkan modal dengan jumlah fleksibel. Dengan kata lain, Anda dapat memulainya dengan jumlah modal besar atau modal kecil sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan Anda.

Anda bisa menawarkan layanan seperti isi ulang pulsa, paket kuota internet, pembayaran tagihan listrik pasca bayar, dan pembelian untuk token listrik prabayar. Bahkan, Anda juga bisa menawarkan jasa pembayaran untuk tagihan BPJS, PAM, TV kabel, kredit leasing, dan juga asuransi.

8. Investasi Tanah

Sejak zaman dulu, bisnis investasi tanah memang sangat menjanjikan terlebih lagi bagi Anda yang bingung mencari peluang usaha setelah pensiun. Namun, untuk memulai bisnis sebagai tuan tanah ini memang membutuhkan modal yang cukup besar.

Akan tetapi, jika Anda sudah mengetahui peluang dan target pasar, tentu bisnis jual beli tanah ini akan berpotensi memiliki omset ratusan juta bahkan milyaran rupiah. Selain itu, saat ini sedang banyak pihak pengembang yang melakukan proyek besar-besaran dan tentunya berpotensi membeli tanah di berbagai daerah.

9. Bisnis Makanan Ringan Serba Rp5.000

Untuk memulai bisnis penjualan makanan ringan serba lima ribu ini tergolong mudah. Anda hanya perlu membeli makanan ringan dengan jumlah besar dan melakukan pengemasan ulang secara menarik sesuai dengan takarannya.

Cara promosinya juga mudah. Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai wadah promosi. Namun, untuk mendapatkan konsumen, Anda perlu menambahkan sesuatu yang menarik di bagian kemasan dan nama brand dari makanan ringan tersebut.

10. Laundry

Potensi usaha setelah pensiun dengan omset yang menjanjikan terakhir adalah bisnis laundry. Bisnis ini tergolong mudah untuk dijalankan. Anda hanya perlu modal mesin cuci dan setrika uap untuk operasional bisnis. Selain itu, Anda mungkin butuh beberapa karyawan jika bisnis ini sudah mulai berkembang.

Sudah Punya Rencana Usaha Setelah Pensiun?

Sekian pembahasan tentang peluang usaha setelah pensiun. Perlu Anda ketahui bahwa masa tua tergantung dari masa muda Anda. Maka dari itu, ada baiknya untuk menabung sejak muda agar masa tua Anda terjamin.

Sumber: The post 10 Ide Usaha Setelah Pensiun dengan Omzet Menjanjikan appeared first on Dewan UKM Sumut.

Bisnis UKM: Info Bisnis UKM, Pengertian Bisnis UKM, Ulasan Bisnis UKM, Layanan Bisnis UKM, Strategi Bisnis UKM, Tips Bisnis UKM, Kredit Bisnis UKMM, Kredit UKM, Peluang Usaha Bisnis UKM, Berita Bisnis UKM, Pembiayaan UKM, Pelatihan UKM

Related Articles

Tidak ada komentar

Follow Us

Don’t forget to follow us via social media to get the latest news when it happens.

NEWSLETTER

Subscribe today and don’t miss out on any important articles.

Our Sponsors
Most Discussed
Back To Top