9 Tips Mengatasi Usaha Sepi Biar Rame

By

9 Tips Mengatasi Usaha Sepi Biar Rame – Dalam memulai atau menjalankan usaha tentu anda akan banyak menemukan kendala, yang paling umum dialami oleh para pembisnis yaitu sepi pembeli, nah pada artikel ini saya akan membahas mengenai apa yang harus anda lakukan jika usaha anda sepi?

Ada banyak kemungkinan penyebab usaha anda sepi, jika usaha anda menurun secara penjualan, anda harus mengetahui dan mencari apa penyebabnya.

Penyebab Dagangan Sepi Pembeli ?

Biasanya hanya ada 3 penyebab :

  • Service yang anda berikan jelek atau belum maksimal
  • Harga anda kemahalan
  • Marketing anda masih kurang

Coba anda pikirkan, jangan-jangan usaha anda termasuk dalam 3 poin di atas ?

Apabila pelayanan anda buruk biasanya ditandai dengan adanya banyak komplain,

jika marketing anda yang masih kurang, ditandai dengan jumlah pelanggan baru sedikit tetapi pelanggan lama anda banyak.

Jika permasalahan ada pada harga anda yang kemahalan, ditandai dengan adanya banyak komplain dari pelanggan dan komplain dari tim.

Biasanya komplain dari pelanggan akan bilang

” aduh pak bisa turun nggak sih harganya? barangnya bagus sih cuma harganya kemahalan”

atau komplain dari tim “pak ada pelanggan minta diskon”

kalau terus menerus berlangsung, maka kemudian ada kompetitor anda yang masuk dan menawarkan harga lebih murah, anda akan kehilangan pelanggan.

Lalu bagaimana solusinya ?

9 Tips Mengatasi Usaha Sepi Biar Rame

lakukan 9 tips ini supaya usaha anda ramai -

Lakukan konsolidasi

Apa itu konsolidasi? konsolidasi artinya anda kumpulkan semua karyawan anda, ajak mereka bekerja sama untuk menjadi sales.

Karena omset lagi turun, coba arahkan semua tim untuk ikut berpartisipasi jualan dan hal itu akan membuat semangat tim bangkit sehingga seluruh tim mau jualan, kalau tidak tahu cara jualan minimal bisa nyebar brosur.

Massive action

Massive action itu prinsipnya rumus kali 3 atau aktifitas kali 3, misalnya anda biasa kunjungan ketemu dengan 3 orang anda targetkan ketemu 9 orang.

Budget iklan 1 hari 50.000 maka kita budgetkan 150.000 perhari, kalau anda budgetnya sudah 1 juta, coba naikan budgetnya 3 juta, biasanya kita pasang 1 spanduk, 2 spanduk, sekarang pasang 6 spanduk, jadi aktifitas kali 3 atau massive action ini akan membuat tim anda mengisi waktu kosong dari penjualan yang turun, karena penjualannya turun waktu kosong tim akan di isi dengan aktifitas marketing yang lebih agresif.

Lakukan monitoring lebih sering dari biasanya

Biasanya saya melakukan monitor setiap hari, sore hari akan keluar yang namanya laporan Key Performance Indicator, ada KPI yang saya pantau setiap hari di telepon atau di whatsapp, whatsapp group misalnya update 2 kali dalam 1 hari, sebelum makan siang dan sore hari, sebelum makan siang kalau sales nya tidak bergerak saya akan telepon atau melakukan yang namanya conference call telepon atau conference call.

Nah saat kita conference call kita melakukan yang disebut refocus, refocus yuk apa sih yang terjadi, apa sih yang mau kita lakukan apa sih yang kita harus katakan ke pelanggan, oh pak tadi ada orang yang begini, begini, begini mau negosiasi kira-kira kita kasih atau tidak?, nah itu semua bisa di refocus.

Membuat tim didalam tim

Misalnya anda punya tim sales, anda buat tim didalam tim sales tersebut, contoh anda punya 6 orang tim sales anda bagi menjadi 3 tim sales atau mungkin dari karyawan kita ada 12 orang kita bagi menjadi 3 tim dari 12 orang.

Jadi meskipun bagian accounting, meskipun bagian finance, meskipun bagian PA semuanya bisa jualan dan bisa berkompetisi, membuat tim didalam tim untuk membantu kita memonitor kinerja orang yang bekerja didalam tim tersebut.

Membuat evaluasi dari strategi yang dulu pernah dilakukan

Biasanya kalau omset turun saya akan memanggil semua tim lalu kita melakukan inventori strategi yang pernah dilakukan, saya kumpulkan apa saja yang sudah pernah dilakukan, setelah diinventarisir kita putuskan yang mana yang paling bagus dulu pernah kita lakukan, misalnya kita pernah iklan di Instagram dan hasilnya bagus, pernah iklan di facebook hasilnya bagus pernah iklan di google hasilnya bagus, pernah melakukan promosi lewat radio hasilnya bagus, kita pernah kerja sama dengan tetangga-tetangga kantor kita hasilnya bagus.

Nah dengan kita memahami strategi-strategi yang sudah ada didalam list inventori tadi, kita bisa mengulang strategi-strategi yang bagus tersebut agar strategi-strategi ini bisa kita dikalikan 3 (massive action).

Anda sebagai bisnis owner harus telepon semua pelanggan lama

ini adalah tugas anda sebagai owner, bukan tugas tim, anda yang punya kepentingan dalam bisnis. Coba hubungi satu demi satu pelanggan-pelanggan lama dan ngobrol dengan mereka, contoh gunakan kalimat ini:

“hai pak apa kabar? bagaimana dengan bisnis nya? kita sekarang ada update baru loh pak, kita punya program baru mau nggak kita kerjasama?”

Dengan menjalin kembali hubungan bersama pelanggan-pelanggan lama, ini akan sangat-sangat penting sekali karena ada banyak sekali pelanggan yang ingin menghubungi anda tapi mungkin anda sibuk, mau ketemu anda tapi anda sendiri sibuk, coba ambil inisiatif menghubungi mereka, anda akan mendapatkan perhatian dari mereka.

Minta referensi dari pelanggan anda

Anda bisa minta referensi dari pelanggan anda yang lama atau pelanggan baru, dengan cara membuat program reward untuk tim dan reward sistem untuk pelanggan, contoh: kalau anda memberikan referensi anda akan mendapat potongan 10%, tetapi untuk internal juga sama kalau anda mendapat referensi dari pelanggan lama, anda akan dapat voucher.

Jadi menciptakan reward sistem internal maupun eksternal dan ini bisa dibentuk programnya sehingga pelanggan-pelanggan lama dan pelanggan-pelanggan baru dengan senang hati memberikan referensi.

Pasang status whatsapp Jualan

Katakan apa yang sedang anda lakukan, apa yang sedang promo, apa yang sedang menarik dan apa yang sedang anda jual, status whatsapp kadang-kadang bisa membuat orang tertarik untuk ngobrol dengan anda.

Mengoptimalkan instastory

Kalau anda perhatikan sekarang instastory Instagram atau facebook story adalah alat yang muncul terus di timeline orang lain, di timeline teman-teman anda dan dengan anda punya instastory, anda bisa menyampaikan apa yang sedang update dan apa yang sedang promo di bisnis anda.

Demikian artikel tentang 9 Tips Mengatasi Usaha Sepi Biar Rame

Semoga bisa menjadi solusi dan membantu kawan-kawan yang menjalani bisnisnya.

Salam sukses !

Bagikan:

Leave a Comment