skip to Main Content

BNI Bantu Modal UKM untuk Buka Pertashop di Indonesia

September 29, 20218 minute read

BNI Bantu Modal UKM untuk Buka Pertashop di Indonesia, BNI menyiapkan Program Khusus Pembiayaan Pertashop yang diharapkan akan mempercepat terwujudnya 70.000 desa dengan SPBU Mini Pertamina.

Upaya mengangkat derajat ekonomi masyarakat, khususnya di perdesaan, terus menjadi ikhtiar bersama termasuk oleh badan usaha milik negara (BUMN). Kali ini, kolaborasi dua BUMN, yaitu PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI dengan PT Pertamina (Persero) berupaya menjangkau masyarakat, khususnya pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang ingin memiliki usaha dibidang perdagangan bahan bakar minyak (BBM) melalui Program Mitra Pertashop. Pada kesempatan ini, BNI menyiapkan Program Khusus Pembiayaan Pertashop yang diharapkan akan mempercepat terwujudnya 70.000 desa dengan SPBU Mini Pertamina.

Peresmian Pertashop dan penyerahan secara simbolis fasilitas pembiayaan kredit antara BNI, Pertamina, dan Mitra Pertashop dilaksanakan di Kabupaten Pesawaran, Lampung, Jumat (19 Maret 2021). Hadir pada kesempatan tersebut Direktur Bisnis UMKM BNI Muhammad Iqbal dan Direktur Keuangan Subholding Commercial & Trading Pertamina Arya Suprihadi. Pertashop atau Pertamina Shop merupakan outlet penjualan Pertamina berskala tertentu yang dipersiapkan untuk melayani kebutuhan konsumen BBM non-subsidi, LPG non-subsidi, dan produk ritel Pertamina lainnya dengan mengutamakan lokasi di perdesaan atau kota yang membutuhkan pelayanan produk ritel Pertamina.

Pertamina menawarkan ada tiga jenis Investasi Pertashop, yaitu Gold (untuk investasi senilai Rp 250 juta), Platinum (investasi Rp 400 juta), dan Diamond (investasi Rp 500 juta). Calon mitra dapat memilih salah satu dari dua skema investasi yang ditawarkan. Pertama, skema Investasi Company Owner Dealer Operation (CODO), yaitu skema kerja sama dimana Pertamina sebagai investor dan mitra sebagai pengelola Pertashop. Kedua, skema Dealer Owner Dealer Operation (DODO), yaitu skema kerja sama, dengan mitra sebagai investor sekaligus pengelola Pertashop.

Untuk menjadi mitra Pertashop harus memenuhi sejumlah persyaratan. Pertama, memiliki legalitas usaha berbentuk Badan Usaha dan atau Badan Hukum (CV, Koperasi, PT). Kedua, memiliki kelengkapan dokumen legalitas berupa KTP, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Akta Perusahaan. Ketiga, memiliki atau menguasai lahan untuk pengoperasian Pertashop. Keempat, mendapatkan rekomendasi dari kepala desa.

Bagaimana cara mendaftar menjadi mitra Pertashop? Pertama, mengajukan diri dengan menginput data di web www.kemitraan.pertamina.com dengan menyiapkan detail lokasi, legalitas badan usaha, dan melampirkan surat rekomendasi desa Kedua, dilakukan verifikasi lapangan yang dilakukan Pertamina, dan nantinya ada pengecekan pula izin bangun dengan desain yang disetujui Pertamina. Ketiga, proses pembangunan Pertashop.

Kontrak antara Pertamina dengan mitra dengan jangka waktu kontrak 10 tahun. Tahap pengajuan kreditnya pun mudah, tinggal mendatangi BNI terdekat dan melengkapi dokumen yang diperlukan atau kunjungi link https://bni.co.id/id-id/bisnis/perbankanbisnis/lending untuk memperoleh informasi lebih lanjut. Mitra Pertashop akan mendapatkan manfaat berganda. Selain berkesempatan menjual produk – produk Pertamina selain BBM, mereka juga akan mendapatkan sepaket fitur transaksi yang menarik sebagai agen BNI.

Selain peluang mendapatkan dukungan pembiayaan, Mitra Pertashop juga akan mendapatkan pembiayaan usaha lain, seperti LPG hingga mini market. Iqbal mengatakan, Mitra Pertashop juga akan mendapatkan kapasitas sebagai Agen46 yang dapat melayani banyak transaksi online, dapat memonitor transaksi melalui e-channel, mulai dari BNI Mobile Banking maupun BNI Direct, memungkinkan transaksi dengan QRIS, serta mendapatkan alat EDC. Dengan begitu, “setiap Mitra Pertashop dapat memperoleh produk BNI secara komprehensif dan BNI siap menjadi Banking Solution untuk seluruh nasabah BNI, khususnya mitra Pertashop,” ujarnya.

 

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) mendorong inklusi keuangan serta pembiayaan bagi UMKM Organisasi Masyarakat Sahabat Ansor melalui sinergi antara BNI dengan Pemerintah, dan BUMN sektor energi. BNI memberikan program khusus pembiayaan Pertashop yang mudah, cepat, dan murah yang diharapkan dapat mempercepat terwujudnya program Pertamina one village one outlet di 83.000 desa dengan SPBU Mini Pertamina. Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengungkapkan UMKM merupakan segmen usaha terdepan dalam penciptaan lapangan kerja bagi Indonesia. Melalui program Pertashop, diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat terutama bantuan permodalan BNI untuk UMKM binaan Anshor, baik itu melalui pembukaan minat usaha Pertashop maupun usaha produktif lainnya.

“Di sini BNI berperan sebagai lembaga penyaluran pembiayaan dan transaksi keuangan untuk memberikan pembiayaan dengan bunga murah dan tentunya kompetitif. Lalu melalui akuisisi outlet Pertashop dan UMKM Sahabat Ansor menjadi BNI Agen46,” ungkap Royke dalam siaran pers BNI, Kamis (12/8/2021) Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyampaikan baru sekitar 43 persen kecamatan di seluruh Indonesia yang memiliki lembaga penyalur BBM, sehingga masih ada sekitar 57 persen yang belum memiliki lembaga penyalur BBM resmi di wilayahnya masing-masing tersebut. “Pertamina sebagai BUMN memiliki tanggung jawab menyediakan energi di seluruh Tanah Air. Bukan hanya ketersediaan, tetapi juga aksesibilitas dan affordability, sehingga masyarakat Indonesia dengan mudah dan terjangkau memperoleh BBM, LPG dan gas dengan harga yang sama di penjuru tanah air,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto menambahkan keberadaan Pertashop mampu menyediakan energi sampai ke tingkat desa dan meningkatkan perekonomian serta peningkatan akses masyarakat ke perbankan melalui pemanfaatan BNI Agen46. BNI sebagai salah satu perbankan milik negara telah menyiapkan beragam skema pembiayaan seperti KUR maupun kredit komersial lain bagi UMKM khususnya Sahabat Ansor yang membutuhkan tambahan pembiayaan dalam pembentukan Pertashop. Dengan skema KUR yang mudah dan murah, BNI mendukung perluasan pembentukan Pertashop di seluruh Indonesia.

“UMKM yang menjadi pengusaha Pertashop akan memiliki kesempatan yang lebih luas untuk menjalankan potensi usaha lain seperti membuka minimarket, toko desa, dan potensi-potensi lainnya salah satunya menjadi BNI Agen 46,” tutur Sis Apik. Menteri BUMN Erick Thohir menuturkan, GP Ansor memiliki 7 juta kader dengan mayoritas yang masih berada di level ekonomi menengah ke bawah dan masih sedikit yang berjiwa kewirausahaan. “Ini harus kita bantu, peluang bisnis Pertashop Insya Allah bisa diakses oleh GP Ansor untuk bagaimana sumber pembiayaan dan training-training untuk dapat diupayakan agar bisa naik kelas. Saya mendukung penuh acara kolaborasi ini,” papar Erick dalam siaran pers BNI.

Erick menambahkan bahwa kolaborasi BNI dengan GP Ansor ini akan melengkapi kolaborasi lainnya yang telah dilaksanakan sebelumnya dengan PT Pos Indonesia pada 30 Juni 2021. Kerjasama dengan Pos Indonesia juga dilakukan untuk mendampingi Kader GP Ansor agar dapat mengembangkan diri sebagai wirausaha dan memiliki akses permodalan. Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan program Pertashop akan menghadirkan energi besar terutama dalam mendukung program-program pemerintah dan untuk skala lebih luas, mampu mewujudkan cita-cita kebangsaan yaitu masyarakat sejahtera, adil dan makmur. “Semoga kader-kader GP Ansor menjadi bagian dari keadilan dan kemakmuran tersebut dan harus memaksimalkan program Pertashop yang telah diberikan melalui arahan Pertamina dan BNI,” ujarnya.

 

Pertamina Dukung Pelaku UMKM Lewat Kemitraan Bisnis Pertashop

Pertamina terus mendukung pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di tanah air dengan membuka peluang kerja sama hingga ke kawasan pedesaan melalui kemitraan bisnis Pertashop.

CEO PT Pertamina Patra Niaga, Subholding Commercial & Trading Pertamina, Mas’ud Khamid, mengungkapkan program kemitraan bisnis Pertashop ini terbuka untuk Koperasi serta UMKM yang sudah berbadan hukum CV atau PT di seluruh Indonesia.

“Pertashop adalah lembaga penyalur resmi Pertamina dengan skala kecil untuk melayani kebutuhan BBM Non Subsidi, LPG Non Subsidi dan juga produk ritel Pertamina lainnya yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur resmi” ungkap Mas’ud.

Lebih lanjut Mas’ud menjelaskan, Pertashop menjadi peluang usaha bagi calon mitra Pertamina di pedesaan untuk meningkatkan kegiatan ekonomi, sehingga pada akhirnya dapat memaksimalkan potensi desa, meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

“Tahun ini, Pertamina mengajak calon mitra Pertashop untuk membangun lembaga penyalur yang tersebar di banyak kecamatan seluruh Indonesia. Bagi masyarakat yang berminat membuka bisnis Pertashop bisa mengikuti prosedur pendaftaran online,” jelasnya.

Menurut Mas’ud, calon mitra dapat mendaftarkan diri, mengisi data dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan dan memilih lokasi dari pilihan yang tersedia.

Selain itu, calon mitra juga diminta menyertakan berbagai data dan informasi lainnya seperti nama perusahaan, nama pengusaha, alamat email, dan nomor ponsel serta melengkapi password atau kata kunci yang akan digunakan seterusnya untuk memasuki akun pendaftaran kemitraan Pertashop.

“Dari proses registrasi online ini, calon mitra akan diberi nomor registrasi untuk melakukan pengecekan status aplikasi dan sebagai pengisian data. Proses ini akan memudahkan tim kelayakan Pertamina untuk mengidentifikasi pemohon dan memungkinkan calon mitra untuk menyimpan dan melengkapi data terkait kelengkapan perizinan Pertashop,” terang Mas’ud.

 

Disponsori oleh SOLO PROPERTY

Solo Property perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa kontraktor bangunan profesional dan terpercaya. Bangun dan renovasi rumah di Solo akan lebih mudah dan cepat apabila anda mempercayakannya pada kami. Disamping itu, Arsitek kami sangat berpengalaman dalam merancang desain gambar kreatif dan team kontraktor Solo yang tentunya sesuai dengan keinginan Anda.

HEAD OFFICE:

Alamat: Jl. Sutandiyo 050 Padokan RT 02 RW 04 Sawahan, Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah
Telp: 08812941957

Info Terbaru Solo Property:

Bisnis UKM: Info Bisnis UKM, Pengertian Bisnis UKM, Ulasan Bisnis UKM, Layanan Bisnis UKM, Strategi Bisnis UKM, Tips Bisnis UKM, Kredit Bisnis UKMM, Kredit UKM, Info Bisnis UKM, Berita Bisnis UKM, Pembiayaan UKM, Pelatihan UKM

Related Articles

Tidak ada komentar

Follow Us

Don’t forget to follow us via social media to get the latest news when it happens.

NEWSLETTER

Subscribe today and don’t miss out on any important articles.

Our Sponsors
Most Discussed
Back To Top