skip to Main Content

Cara Mudah Membuat Google My Business untuk UKM Anda

Oktober 15, 20226 minute read

Bisnis UKM – Cara membuat Google My Business sangat penting untuk usaha di era digital. Apalagi, saat ini masyarakat lebih suka mengakses internet untuk mendapatkan berbagai hal yang mereka inginkan, termasuk ketika ingin membeli sesuatu.

Mungkin Anda juga sering membeli sesuatu lewat platform atau marketplace online. Cara ini dianggap lebih praktis karena Anda tidak harus datang ke tokonya secara langsung. Apalagi ketika lokasinya sangat jauh dari rumah Anda.

Maka dari itu, Google menghadirkan sebuah layanan atau tool yang dapat Anda manfaatkan jika saat ini sedang memulai suatu bisnis. Layanan tersebut bernama Google Bisnisku atau Google My Business. Tool ini sebenarnya sudah populer meskipun masih banyak juga yang belum mengetahuinya.

Pengertian Google My Business

Sebelum membahas cara membuat Google My Business untuk usaha Anda, penting mengetahui pengertian Google Bisnisku terlebih dahulu. Ini merupakan tool Google yang memungkinkan bisnis Anda agar bisa muncul di search engine Google dan Google Maps.

Pada saat Anda mencari bisnis tertentu di halaman pencarian, halaman utama tersebut nantinya akan menampilkan informasi terkait bisnis. Informasi yang tertera biasanya berupa jam buka, alamat, nomor telepon, dan sebagainya.

Melalui layanan ini, Anda dapat memasukkan informasi-informasi bisnis yang ingin Anda tunjukkan secara terperinci.

Tujuannya adalah untuk menginformasikan kepada calon pembeli terkait bisnis Anda. Jadi, mereka bisa menemukan usaha Anda tersebut lewat Google. Selain itu, bisnis Anda berpotensi akan semakin terkenal karena mampu menjaring lebih banyak calon pelanggan.

Bagaimana Cara Membuat Google My Business?

Cara membuat Google My Business sebenarnya cukup mudah. Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda pahami dan ikuti jika ingin mendaftarkan bisnis UKM Anda ke Google Bisnisku.

  • Pertama, buka browser lalu masuk ke alamat web Google Bisnisku atau Google My Business.
  • Kedua, klik “Mulai Sekarang”.

  • Ketiga, masukkan apa nama bisnis Anda lalu klik “Selanjutnya”.
  • Di tahap ini, Anda akan mendapatkan tiga tahapan yang perlu Anda perhatikan yaitu:
    • mengisi form identitas mengenai bisnis yang Anda miliki. Misalnya alamat lengkap, negara, kota, provinsi, serta kode pos.
    • ceklis pada bagian “Saya mengirimkan barang dan jasa ke pelanggan Saya”. Ini menunjukkan bahwa Anda bersedia untuk mengirimkan barang maupun jasa kepada pelanggan.
      klik “Berikutnya”.

  • Sekarang, Anda harus mengatur alamat usaha Anda tersebut pada Google Maps. Tujuannya agar calon pembeli bisa menemukan lokasi atau alamat bisnis yang Anda jalankan tersebut. Jika sudah selesai, klik “Berikutnya”.
  • Langkah berikutnya, Anda perlu memasukkan kategori bisnis Anda. Tujuannya agar Google bisa lebih mudah ketika ingin mengelompokkan usaha Anda sesuai dengan hasil pencarian. Silakan memasukkan kategori yang tepat. Misalnya Anda menjalankan bisnis di bidang digital marketing, Maka Anda perlu memasukkannya ke kategori IT. Kemudian klik “Berikutnya”.

  • Pada tahap ini, Anda perlu mengisi informasi seputar kontak bisnis Anda. Informasi yang Anda masukkan seperti nomor telepon serta alamat website jika memang ada. Lanjutkan dengan mengklik “Berikutnya”.
  • Pada bagian notification pilih “Ya”. Tujuannya agar Anda bisa menerima newsletter Google. Kemudian, klik “Berikutnya”.
  • Cara membuat Google My Business berikutnya yaitu proses verifikasi. Ketika semua langkah telah Anda lalui, sekarang Google Bisnisku akan mulai melakukan verifikasi.

Sebagai tambahan, proses verifikasi ini sangat penting agar bisnis yang Anda miliki terlindungi dari orang-orang yang berpotensi menyalahgunakan informasi terkait bisnis Anda. Bukan hanya itu, bisnis yang Anda miliki tersebut juga akan menjadi bisnis dengan reputasi yang baik untuk para calon klien atau pelanggan.

Setelah Verifikasi, Jangan Lupakan 4 Hal Ini!

Terkait proses verifikasi, Anda akan memperoleh kode verifikasi baik melalui email atau kode pos. Ingat, ketika proses verifikasi masih berlangsung, Anda tidak dapat mengganti informasi yang sebelumnya telah Anda masukkan. Ketika proses ini sudah selesai, ada empat hal yang perlu Anda lakukan:

  • Masuk ke website Google Bisnisku.
  • Pilih “Verify Location”.
  • Silakan Anda masukkan kode verifikasi yang telah Anda dapatkan. Kode tersebut berjumlah 5 digit.
  • Klik “Submit”.

Setelah Anda selesai memasukkan kode tersebut, Anda akan menerima informasi bahwa profil bisnis Anda telah berhasil diverifikasi. Dengan kata lain, sekarang bisnis Anda sudah terdaftar di Google My Business.

Kenapa Harus Mendaftarkan Bisnis ke Google My Business?

Sekarang, Anda sudah paham bagaimana cara membuat Google My Business untuk usaha Anda. Namun, mungkin Anda masih berpikir kenapa Anda harus memasukkan bisnis Anda pada layanan Google tersebut? Apa yang akan Anda dapatkan nanti?

Beberapa alasan pentingnya memasukkan bisnis ke Google My Business bagi usaha Anda yaitu:

1. Customer Bisa Menemukan Usaha Anda Secara Mudah

Manfaat yang pertama, layanan Google ini mempermudah akan customer menemukan bisnis Anda. Anda bisa memasukkan informasi secara detail terkait usaha Anda sampai dengan produk maupun jasa yang Anda tawarkan.

Melalui informasi ini, calon pelanggan bisa menemukan bisnis Anda tersebut. Kemudian, biasanya mereka akan melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan apakah ingin membeli produk Anda atau tidak.

2. Meningkatkan Kepercayaan Customer

Semua bisnis yang telah terdaftar di Google My Business akan memperoleh verifikasi terlebih dahulu. Setelah itu, bisnis tersebut dapat tayang di publik. Jadi, ini secara tidak langsung mampu meningkatkan trust customer karena bisnis Anda telah mendapatkan validasi dari Google Bisnisku.

3. Pelanggan Bisa Memberikan Review

Manfaat mendaftarkan bisnis ke Google My Business adalah membuat pelanggan bisa memberikan review-nya. Melalui review ini, customer akan menjadikannya sebagai pertimbangan apakah produk Anda memang layak untuk dibeli serta apakah usaha Anda memiliki reputasi yang baik atau sebaliknya.

4. Berkomunikasi dengan Customer

Setiap bisnis yang ingin maju wajib menjalin dan menjaga komunikasi yang baik dengan customer. Melalui cara ini, Anda akan memperoleh pelanggan setia. Maka dari itu, lewat Google My Business ini Anda bisa memanfaatkan fitur berupa tanya jawab.

Fitur tersebut memungkinkan customer untuk membuat pertanyaan seputar produk Anda. Namun ingat, Anda juga harus meresponnya sehingga customer merasa bahwa mereka memang diperhatikan.

5. Membuat Bisnis Semakin Berkembang

Dengan memahami cara membuat Google My Business untuk usaha Anda, maka bisnis Anda berpotensi akan lebih berkembang. Melalui layanan ini, Anda bisa menjalankan analisis secara sederhana.

Salah satu bentuk analisis yang bisa Anda lakukan tersebut perihal perbandingan performa usaha Anda dengan kompetitor. Jadi, Anda bisa menyusun strategi bisnis yang sesuai baik secara online atau offline.

Sudah Paham Cara Daftar Google Bisnisku untuk UKM Anda?

Sekian informasi tentang cara membuat Google My Business bagi UKM. Kesimpulannya, mendaftarkan usaha Anda ke layanan Google Bisnisku memberikan banyak manfaat. Usaha Anda bukan hanya terdaftar di layanan Google tersebut melainkan berpotensi akan lebih berkembang.

Cara mendaftarnya juga sangat mudah. Pastikan Anda melengkapi semua informasi yang diperlukan serta mengisinya dengan informasi yang benar. Tidak kalah penting, jangan lupa daftarkan UKM Anda di sini. Semoga bermanfaat.

Sumber : The post Cara Mudah Membuat Google My Business untuk UKM Anda appeared first on Dewan UKM Sumut.

Bisnis UKM: Info Bisnis UKM, Pengertian Bisnis UKM, Ulasan Bisnis UKM, Layanan Bisnis UKM, Strategi Bisnis UKM, Tips Bisnis UKM, Kredit Bisnis UKMM, Kredit UKM, Peluang Usaha Bisnis UKM, Berita Bisnis UKM, Pembiayaan UKM, Pelatihan UKM

Related Articles

Tidak ada komentar

Follow Us

Don’t forget to follow us via social media to get the latest news when it happens.

NEWSLETTER

Subscribe today and don’t miss out on any important articles.

Our Sponsors
Most Discussed
Back To Top