Peningkatan UKM tiap tahun memiliki pengaruh yang baik bagi perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, tidak heran jika pemerintah sempat menurunkan pajak UMKM hingga 0,5 persen banyaknya untuk meningkatkan bisnis UMKM di Indonesia. Namun, penurunan jumlah pajak nyatanya bukanlah masalah UKM.
Karena masih banyak pengusaha UMM yang memiliki kendala modal usaha, strategi marketing, hingga akses teknologi digital. Sehingga, usaha mereka tidak berjalan dengan lancar, bahkan tidak mengalami peningkatan.
Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas berbagai masalah utama yang sering dialami oleh pengusaha UKM serta cara mudah dalam mengatasinya.
Masalah UKM dan Cara Mengatasinya
- Minimnya Modal Usaha
Masalah utama UKM pada umumnya adalah minimnya modal usaha yang mereka miliki. Efeknya, para pengusaha tidak mampu meningkatkan jumlah produksinya untuk bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Ide bisnis baru untuk tujuan ekspansipun sering kali harus ditinggalkan terlebih dahulu karena masalah ini. Sumber masalah utamanya sebenarnya sangatlah klasik. Mereka kerap kali kesulitan dalam hal mencari modal pembiayaan dari bank karena banyak syarat-syarat yang tidak bisa mereka penuhi.
Cara Mengatasi: Jika Anda adalah salah satu pebisnis UKM yang memiliki masalah ini, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan penggalangan dana. Penggalangan dana yang dilakukan bisa melalui website penggalangan modal usaha yang saat ini banyak tersebar. Anda bisa melakukan pengajuan di website tersebut dan melengkapi berbagai persyaratannya.
- Tidak Tahu Bagaimana Cara Membesarkan Bisnis
Masalah yang kerap dialami para pengusaha UKM selanjutnya adalah kurangnya pengalaman mereka tentang manajemen bisnis. Banyak dari mereka yang hanya fokus dalam memproduksi barang, namun tidak memikirkan cara ekspansi bisnisnya. Efeknya, mereka menjadi kesulitan dalam meningkatkan bisnisnya dan usaha merekapun hanya jalan ditempat.
Cara mengatasinya adalah dengan meningkatkan pengetahuan terkait perkembangan strategi bisnis terbaru dengan rajin-rajin membaca dan belajar. Anda bisa coba belajar dari pengalaman yang sering dibagikan oleh para pebisnis sukses di dunia maupun lokal lewat berbagai buku, situs berita, sosial media, seminar, workshop, dll.
- Kurangnya Inovasi Produk
Dalam hal meningkatkan daya saing bisnis, para pengusaha seringkali dihadapkan pada kendala ketika melakukan inovasi produknya. Saat ini, jumlah produk UKM yang bisa menembus di kancah internasional kemungkinan masih bisa dihitung dengan jari. Penyebabnya sulitnya produk UKM bersaing di tingkat internasional adalah rendahnya daya saing produk mereka. Terlebih lagi, jika ada hubungannya dengan harga yang sudah ditawarkan, produk UKM di Indonesia juga bisa dibilang masih jauh dari kualitas internasional.
Cara mengatasinya adalah dengan meningkatkan daya saing produk. Jadi, para pelaku UKM harus bisa lebih kreatif dan inovatif dalam memproduksi produk barangnya. Agar produk Anda bisa dilihat banyak, maka Anda harus bisa menawarkan produk Anda secara lebih inovatif lagi dengan cara menerapkan berbagai formula bisnis atau cara produksi yang berbeda. Selain itu, Anda juga harus mampu membuka diri lebih jauh lagi dan bisa bergabung dengan berbagai pelatihan yang biasa diselenggarakan oleh berbagai instansi.
- Kesulitan Dalam Mendistribusikan Barang
Masalah UKM selanjutnya adalah pendistribusian barang. Selama ini, kebanyakan pelaku UKM selalu kekurangan channel dalam hal mendistribuskan produknya.Kebanyakan dari mereka juga hanya fokus dalam hal mendistribusikan barang pada beberapa mitra dan pengepul yang memang hanya dikenalnya saja. Cara ini tentunya masih sangat sederhana dan tingkat jangkauannya pun belum luas.
Cara mudah dalam mengatasinya adalah dengan aktif bergabung di berbagai pameran produk yang diselenggarakan berbagai instansi untuk memperluas jangkauan pasar.
- Belum Mengoptimalkan Pemasaran Online
Masalah yang kelima ini pada dasarnya berkaitan dengan poin keempat, yaitu sulitnya dalam mendistribusikan barang. Salah satu faktor yang menimbulkan pendistribusian barang kurang meluas adalah karena para pengusaha belum mampu melakukan pemasarannya secara online.
Beberapa dari mereka mungkin ada yang memang sudah memasarkan produknya melalui berbagai media online, seperti media sosial, marketplace, forum, dll. Namun, dalam prakteknya masih jauh dari kata maksimal. Akibatnya, hasil dari apa yang mereka dapatkan pun menjadi kurang maksimal.
Cara mengatasinya adalah lebih aktif dalam melakukan pemasaran online. Hal utama yang harus dilakukan adalah dengan memilih saluran pemasaran online yang tepat, lalu lebih fokus lagi dalam memasarkan saluran tersebut, dan mengoptimalkannya.
- Tidak Ada Branding
Masalah lain yang sering diabaikan oleh pengusaha UKM adalah branding. Belum banyak dari mereka yang menyadari akan pentingnya branding untuk produk dan bisnisnya. Sehingga, kebanyakan dari mereka hanya fokus berjualan saja tanpa memikirkan kualitas merek produknya.
Cara mengatasinya adalah dengan meningkatkan kualitas branding produk UKM. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan analisa SWOT (Strengths, Weaknesses Opportunities, Threats) pada produk Anda. Sederhananya, cobalah analisa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang bisa ditimbulkan atas produk Anda.
- Tidak Melakukan Program Loyalitas Pelanggan
Masalah yang cukup krusial lainnya adalah tidak adanya program loyalitas pelanggan. Mulai dari pendaftaran member, komunitas pelanggan, hingga promo reguler. Padahal, menjaga loyalitas pelanggan sangatlah penting. Semakin sering Anda melakukan program ini, maka loyalitas para pelanggan Anda pun akan semakin kuat.
Sehingga, nantinya pelanggan akan lebih sering dalam melakukan repeat order. Bahkan kemungkinan dari mereka juga akan sukarela menawarkan produk Anda pada teman-temannya.
Cara mengatasi masalah ini adalah dengan memikirkan ide terbaik tentang bagaiman cara melakukan program loyalitas pelanggan. Anda bisa memulainya dengan cara melakukan giveaway, cashback, promo, dll.
Bisnis UKM: Info Bisnis UKM, Pengertian Bisnis UKM, Ulasan Bisnis UKM, Layanan Bisnis UKM, Strategi Bisnis UKM, Tips Bisnis UKM, Kredit Bisnis UKMM, Kredit UKM, Info Bisnis UKM, Berita Bisnis UKM, Pembiayaan UKM, Pelatihan UKM