skip to Main Content

Memulai Bisnis Tanaman Hias Modal Kecil Omzet Berlimpah

Oktober 22, 20188 minute read

Memulai Bisnis Tanaman Hias Modal Kecil Omzet Berlimpah – Tanaman hias? Apa sih pengertian dari tanaman hias? Tanaman hias merupakan aneka jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk menambah keindahan. Jenis tanaman hias sendiri sangat banyak sekali entah itu tanaman hias bunga, batang, akar ataupun daun. Segala jenis tanaman yang dapat menambah unsur keindahan dapat dikenal dengan tanaman hias. Tanaman hias sering dimanfaatkan untuk menambah keindahan rumah. Peletakan tanaman hias bisa dilakukan di dalam ruangan ataupun di luar ruangan sesuai keinginan dan yang paling penting dapat menimbulkan unsur keindahan. Berbagai jenis tanaman hias tidak hanya dimanfaatkan untuk segi keindahannya saja namun ada beberapa tanaman hias yang mempunyai manfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa tanaman hias yang mempunyai manfaat dalam kehidupan sehari-hari diantaranya seperti tanaman lavender yang dapat mengusir nyamuk. Dengan menanam tananam lavender di lingkungan rumah maka secara otomatis nyamuk akan pergi dengan sendiri. Tanaman hias bisa berbentuk sayuran dan buah-buahan dan bagi Anda yang mempunyai lahan yang dapat ditanami sayuran atau buah-buahan sebaiknya dimanfaakan dengan semaksimal mungkin. Dengan memanfaatkan lahan yang ada untuk ditanami sayuran atau buah-buahan maka Anda tidak perlu membeli sayur atau buah di pasar karena hanya tinggal mengambil dari perkarangan rumah saja. Apabila dilihat manfaat tanaman hias sangat beragam sekali dalam kehidupan sehari-hari sehingga bagi Anda yang belum memiliki usaha bisa mencoba untuk memulai bisnis tanaman hias.

Memulai bisnis tanaman hias bisa dikatakan sebagai bisnis usaha yang sangat mudah untuk dilakukan karena persiapan modal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis tanaman hias tidak terlalu besar. Jika modal yang diperlukan tidak terlalu besar bukan berarti keuntungan yang diperoleh sedikit. Apabila dijalankan dengan sunguh-sunguh keuntungan yang bisa diperoleh dari bisnis bisnis tanaman hias dapat menghasilkan omzet berlimpah dan tentunya sangat menjanjikan. Untuk menjalankan bisnis bisnis tanaman hias dengan omzet berlimpah tentunya diperlukan beberapa tips penting yang dapat mendukung kelancaran bisnis bisnis tanaman hias. Tips penting apa saja yang perlu diperhatikan bisa Anda lihat dari penjelasan berikut ini.

Menentukan Lokasi Bisnis Tanaman Hias?

Apabila Anda memang tertarik untuk memulai bisnis tanaman hias sebaiknya Anda memilih lokasi bisnis yang strategis agar dapat menunjang kelancaran bisnis tanaman hias yang dijalankan. Pemilihan lokasi yang diperlukan dalam menjalankan bisnis tanaman hias tidak hanya lokasi yang strategis saja namun harus memilih lokasi dengan lahan yang luas. Pemilihan lokasi dengan lahan yang luas tujuannya sebagai tempat pembudidayaan tanaman hias. Selain itu lahan yang luas juga dapat digunakan sebagai showroom usaha tanaman hias. Karena saat ini banyak masyarakat yang menjalankan suatu bisnis dengan cara berjualan online maka kebutuhan lahan yang luas bisa diminimalisir. Namun jika pelanggan ingin melihat tanaman hias secara langsung tentunya Anda harus menyediakan lahan yang khusus untuk pembudidayaan tanaman hias dengan pemilihan lokasi yang strategis.

Menjual Aneka Jenis Tanaman Hias?

Jika Anda sudah menentukan lokasi yang strategis untuk menjalankan bisnis tanaman hias langkah selanjutnya yang perlu dipersiapkan adalah menentukan jenis tanaman hias yang akan dibudidayakan. Apabila Anda ingin menjual aneka jenis tanaman hias yang sangat beragam usahakan untuk mengetahui karakteristik segala jenis tanaman yang akan dijual. Karakteristik setiap jenis tanaman biasaya tidak sama sehingga Anda harus mengetahui cara pembudidaanya dan cara perawatannya. Pemilihan jenis tanaman sebaiknya juga dilihat dari potensi tanaman hias apa yang sangat menguntungkan pada saat ini. Sehingga sebagai pembisnis tanaman hias Anda jangan asal-asalan untuk membudidayakan tanaman hias.

Cara Perawatan Tanaman Hias?

Setiap jenis tanaman hias membutuhkan perawatan yang tidak sama sehingga sebagai pembisnis tanaman hias sebelumnya harus sudah membekali diri tentang informasi beberapa tanaman hias. Apabila Anda masih belum mengetahui cara perawatan tanaman hias Anda bisa mencari informasi tentang cara perawatan tanaman hias di internet. Dengan membekali diri tentang beberapa sumber informasi tentang tanaman hias tentunya akan memudahkan Anda yang ingin menjalankan bisnis tanaman hias dengan lancar.

Biaya Operasional Perawatan?

Dalam perawatan tanaman hias tentunya diperlukan biaya operasional. Biasanya operasional yang diperlukan untuk menjalankan bisnis tanaman hias biasanya digunakan untuk membeli aneka peralatan yang diperlukan. Selain itu biaya opersiaonal juga digunakan untuk memebeli pupuk agar tanaman hias yang dibudidayakan bisa bertumbuh subur. Kebutuhan biaya opersional yang diperlukan tentunya tidak terlalu besar mengingat modal dalam menjalankan bisnis tanaman hias diperlukan dalam jumlah sedikit.

Pelaku Bisnis Tanaman Hias?

Semua kalangan masyarakat yang belum memiliki usaha bisa mencoba menjalankan bisnis tanaman hias karena modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar. Semua kalangan masyarakat yang ingin menjalankan bisnis tanaman hias tidak akan dilihat dari segi status dan jabatannya sebagai apa. Yang terpenting apabila menjalankan bisnis tanaman hias hanya perlu membudidayakan tanaman hias dengan semaksimal mungkin agar tidak mengecewakan pelanggan.

Cara Pemasaran melalui Promosi?

Agar bisnis tanaman hias dapat berjalan dengan lancar dan perolehan omzet yang didapatkan seperti yang diinginkan sebaiknya dalam menjalankan bisnis tanaman hias diperlukan strategis pemasaran yang menarik agar setiap pelanggan tertarik untuk membeli tanaman hias yang anda jadikan peluang bisnis. Cara pemasaran bisa dilakukan dengan cara promosi dari mulut ke mulut. Selain itu cara promosi yang saat ini sedang ampuh serta dapat menunjang omzet bisnis tanaman hias dapat dilakukan dengan cara promosi secara online. Cara promosi secara online bisa dilakukan dengan memasarkannya di fb, twitter atau instagram.

Demikian tadi penjelasan penting tentang tips memulai bisnis tanaman hias yang dapat Anda lakukan. Semoga dengan adanya penjelasan tips yang disediakan bisnis tanaman hias bisa semakin berjalan lancar dengan menghasilkan omzet berlimpah.

Solusi Holistik Bagi Pengusaha Muda – Penelitian dari Universitas Tennessee (2013) mengatakan bahwa, 25% bisnis menemui kegagalan setelah 1 tahun, dan 35% dari total yang berhasil di tahun pertama akan kembali menemui kegagalan setelah tahun kedua. Kegagalan menjadi lebih besar lagi di tahun ketiga, yaitu sebesar 44%. Artinya jika ada 10 bisnis, maka hanya akan ada 2-3 bisnis saja yang akan bertahan setelah tahun ketiga.

Maka, tak heran meskipun konsep bisnis yang kuat sekalipun tidak akan terwujud secara sempurna tanpa dukungan sisi finansial yang tepat. Berkaitan dengan itu, Fintax Fair 2019 pun akan digelar pada tanggal 17-18 Januari 2019, di Assembly Hall Menara Mandiri. Tujuan diadakan Fintax Fair tersebut untuk menjadi dukungan holistik dalam berbagi pengetahuan entrepreneurship bagi para pengusaha muda di Indonesia. Dengan tema ‘Cerdas Finansial, Perpajakan, dan Teknologi’, acara tersebut akan mengupas segala ilmu yang perlu diketahui dan solusi teknologi yang dibutuhkan dalam membangun sebuah usaha.

Hadirnya Fintax Fair merupakan momen yang tepat, bersamaan dengan waktu dimana pemerintah Indonesia juga terus memberi dorongan dan melakukan motivasi kepada kaum muda agar memiliki semangat kewirausahaan. Menurut data olahan Badan Pusat Statistik (BPS) saat ini jumlah wirausaha di Indonesia baru mencapai 3,1 persen dari total penduduk usia produktif. Jumlah ini terbilang minim dibandingkan dengan tingkat wirausaha di negara-negara maju yang bisa mencapai 14 persen.

“Kami percaya bahwa terdapat jiwa entrepreneur di dalam setiap orang, dan terdapat berbagai ide bisnis brilian yang saat ini belum terungkap dan terwujud. Namun dari tahun ke tahun, persyaratan untuk menjalankan bisnis semakin kompleks. Oleh karena itu, untuk mewujudkan mimpi para pengusaha muda, dan memastikan bahwa bisnis yang mereka ciptakan terus sustainable, Fintax Fair 2019 hadir untuk memberikan dukungan dari segi edukasi dengan menggandeng sejumlah praktisi dan profesional yang dapat memberi berbagai insight penting,” jelas Teguh Harapan, CMO PT Harmoni Solusi Bisnis selaku organizer dari Fintax Fair 2019.

Adapun pembicara yang telah memastikan kehadirannya antara lain Iwan Djuniardi, Direktur Transformasi Teknologi Komunikasi dan Informasi; Merry Riana, Motivator Wanita No. 1 di Indonesia & Asia; Yustinus Prastowo, Founder Center For Indonesia Taxation Analysis (CITA); Yohanes G. Pauly, World Top Certified Coach CEO & Master Coach of GRATYO; Tanadi Santoso, Founder Business Wisdom Institute & Host “Business Wisdom’ di PASFM; Prita H. Ghozie, Founder & Director, ZAP Finance, Tung Desem Waringin, dan Adinata Widia, Senior Vice President, P.T. Mandiri (Persero) Tbk.

Selain itu, dia menambahkan, para pengusaha juga bisa mendapatkan solusi nyata melalui teknologi dan inovasi terkini yang akan ditampilkan untuk mendukung perkembangan usaha mereka. Ya, kemajuan teknologi menuntut para pengusaha muda untuk lebih kreatif dan inovatif, dan fleksibel terhadap perkembangan yang terjadi secara pesat. Selain memberikan wawasan dan solusi inovasi teknologi terbaru untuk membantu para perintis bisnis dalam mengembangkan usahanya Fintax Fair 2019 juga menawarkan sesi “Tax Fair” – dimana para pebisnis dapat melakukan sesi konsultasi pajak secara gratis dengan lebih dari 20 konsultan berlisensi untuk pelaksanaan kewajiban pajak usaha mereka.

 


B2B marketplace UKM dan direktori bisnis online UMKM di Indonesia, kami memilki member yang sudah menggunakan layanan dari Bisnis UKM, selain sebagai portal Marketplace kami pun menyediakan berbagai layanan periklanan, seperti pembuatan website, pembuatan Company Profile dan masih banyak sekali media promosi yang kami sediakan untuk kepentingan Digital Marketing lain nya.

Bisnis UKM adalah B2B Marketplace dan Direktori Bisnis, Supplier produk UKM & UMKM di Indonesia.

Situs Jual Beli khusus B2B Marketplace UMKM, B2B E-commerce UKM, Pusat Distributor Produk UKM, Trading, Supplier Produk, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa Usaha Mikro dan Menengah di Indonesia.

Related Articles

Tidak ada komentar

Follow Us

Don’t forget to follow us via social media to get the latest news when it happens.

NEWSLETTER

Subscribe today and don’t miss out on any important articles.

Our Sponsors
Most Discussed
Back To Top